16.6.14

Seleksi AFS/YES 2015-2016

Hallooo!

Jadi hari minggu kemarin (8 juni) aku baru aja nyelesain tahap tiga seleksi AFS year program 2015-2016. Buat informasi AFS dan YES boleh browsing sendiri :3
Aku pengen nyeritain pengalaman dari tahap pertama sampe tahap ketiga nih, jadi kali aja yang mau ikutan taun depan boleh baca punya aku ((walopun kebanyakan pasti bakal nyeritain yang ga penting)) tapi aku tetep bakal ngasih tau tesnya gimana kok hehe.

Fyi, dari sekolah aku yang ikutan cuma empat orang; Aku, Thifal, Ishmah sama Zaky. Dikit bgt emang.

April 27th, 2014 - Tahap I

Tes tahap pertama tuh dimulai jam 8, jadi kurang lebih jam setengah delapan aku, Ishmah, sama Thifal udah jalan soalnya ga jauh2 amat. Sampe di gedung tempat tesnya kita verifikasi berkas dulu abis itu baru deh mulai tesnya. Di tahap pertama ini ada tiga tes;




Esai Bahasa Indonesia

Kalo kata aku ini yang paling susah. Jadi kita dikasih tiga topik, terus pilih salah satu dari tiga topik tersebut. Terus minimal satu setengah halaman folio dalam waktu 90 menit guys...Ya aku milih yang kalo menurut aku agak lebih mudah mikirnya dari yang lain....tapi tetep aja susah -__- gimana ga susah yah udah gugup terus waktu 90 menit kayaknya kurang, mikir aja udah buang waktu berapa menit :( Belum lagi aku nulisnya belepotan terus judulnya ga menarik.
Jadi, usahain judulnya menarik yah! Kata salah satu kakaknya yang ada di situ, kalo misalkan kamu udah nyampe seleksi di nasional essay kamu bakal dibaca (yaiyalah) iya maksudnya kayaknya pengaruh besar gituuu. Pokoknya nulisnya yang bagus deh, isinya yang berbobot gak kayak aku wkakaka.

Ilmu Pengetahuan Umum

Ikutin info terbaru ya teman-temannn! Yang ilmu pengetahuan umumnya umum bgt (?) juga ditanyain. Terus soal ilmu pengetahuan umumnya katanya tiap tahun emang beda-beda tapi ga jauh-jauh jadi kemarin aku visit-visit blog yang pernah ikut AFS yang ngasih tau soal2 pas tahun mereka :)) Aku juga mau ngasih tau gimana bentuk soalnya sih hehe tapi banyak yang lupa ;___; ini yang inget:

1. Pembentukan sel darah merah
2. Seputar gerak refleks
3. Dikasih lirik salah satu lagu wajib nasional gitu terus ditanyain penciptanya
4. Yang ga termasuk penghargaan nobel
5. Pas aku kan lagi heboh Rusia sama Ukraine tuh, terus ditanyain ibukota Ukraine
6. Wakil presiden ke-6
6. Pertama kali diadain pemilu
7. Adaptasi pada hewan ((morfologi, fisiologi, tingkah laku))
8 Sebutin tanggal hari Air sedunia
9. Bahasa yang digunain salah satu negara apa gitu aku lupa, terus dipilihannya masing-masing ada tiga bahasa gituuu. ((Misalnya di swiss ada tiga bahasa yang digunain gitu, nah apa2 aja ketiga bahasa tersebut))
10. Imunisasi umum
11. Penyebab TBC ((pilihannya ada bakter virus sama apa ya lagi lupa))
12. Ditanyain tentang fifa world cup
13. Kumite cabang dari olahraga? (karate)

Aduh banyak lupa ;; Pokoknya cari tau yang baru-baru baca koran dan berita beberapa bulan terakhir terus baca buku pintar/rpul kalo perluuu. Biologi, matematika nya juga yang umum bgt kok terus geografi juga yang umum kayak misalnya negara-negara yang berbatasan dengan negara x atau bisa aja ditanyain yang nggak berbatasan langsung gituuu.

Bahasa Inggris

Aku optimis bgt di tes bahasa inggris tbh. Banyak juga kok yang bilang ini tes termudah dibanding kedua tes tadi. Di tes bahasa inggris juga ada tiga bagian gituuu ada reading comprehension, grammar, sama vocabulary.

Tahap I pun selesai, mulailah gelisah kurang lebih selama dua minggu.

Waktu itu aku, Thifal, Ishmah, dan dua orang temanku yang ga ikut, Zaty dan Dara lagi makan gitu terus kata Dara pengumumannya udah ada, dia tau dari temennya yang dari SMA lain yang juga ikutan. Jadilah kita buka dari hapenya Thifal dannnn spontan teriak kita berempat lulus. Alhamdulillah ya Allah, tapi emang maruk bgt sampe teriak ~___~ ya gimana ga seneng huhuhu. Tahapnya kan tanggal 18 tuh, besoknya kita ujian heu.

Ya abis itu kita ngurus2in buat tahap 2 kan, lumayan lah ngambil kesempatan keluar sekolah ahaha buat ngantarin berkasnya ke salah satu tempat gitu. Pulanng nganterin berkas kita duduk dulu makan martabak.............oke emang ga penting bgt.

May 18th, 2014 - Tahap II

Tahap kedua ini wawancara. Ada wawancara kepribadian dalam Bahasa Indonesia sama wawancaea bahasa Inggris. Aku sama Thifal kena batch pertama, pagi lagi jam 8. Pokoknya aku sebelum jam 8 udah nyampe lah di lokasi.

Ini kayaknya lebih bikin stress dari bikin essay. Aku orangnya emang gugupan, dan susah bgt buat ngomong :( Terus pas wawancara kepribdian aku tuh yang kayak I was not being myself T___T udah ngelantur aja udah ga gitu jadi diri sendiri lah pokoknya.

Ohiya katanya, kalau ditanyain kamu bisa nyanyi apa ngga jawab aja bisa ((aku ditanyain sih tapi ga disuruh hahaha sedih)) terus juga paling ditanyain kalo di luar nanti kamu ditawarin minuman atau diajak ngerayain natal diajakin datang ke pesta kamu bakal gimana ((aku ga ditanyain btw)).

Pokoknya yang ikut tahun depan, jawabnya jujur aja jadi diri sendir lah  jawabnya yang kira-kira emang porsi kamu(?) jaga2 jawaban jangan keliatan sok tau kecuali bakal tau jawab apa pas ditanya yang lebih(?). Soalnya kalau kamu udah jawab gimana2 ntar kan pasti ditanya2 lagi tuh, kalo kamu jawab ga yakin/ga pasti ((keliatan ngarang/agak bingung)) jadi ketauan ngasal. jadi gimana kamu buka pembicaraan itu bakal bawa arah pembicaraan^^ kamu sendiri lah yang menentukan bagaimana jalannya interview kamu.
 Jadi aku ga bisa ngasih tau juga gimana pastinya ya pokoknya begitu lah......

Terus abis wawancara kepribadian aku nyari ruang buat wawancara bahasa inggris, aku dapet ruang yang diwawancrain sama salah satu kakak returnee dannn bule. Salah satu kakak volunteer yang aku kenal, dia bilang bakal enak kalo diwawancarain sama bule soalnya bule tau porsi inggris orang indo itu gimana ya tapi tetep aja wa takut -___- Jadilah wa masuk, terus ditanya-tanya langsung.
Aku ditanya sih cuma apa kabar, hobi kamu apa, kenapa kamu milih labschool sebagai sekolah kamu, terus yang kakak returnee ini kan keluar bentar karena ada apa gitu aku lupa jadilah wa berduaan sama nih bule terus si bulenya nanya kalo misalnya nanti kamu di sana, gimana kamu promosiin terus ngajakin teman-teman kamu buat ke Indonesia/ Aceh ohhh dan aku langsung jual omongan HAHAhA sampe wa gatau udah ngomong apa sampe bingung sampe ngulang lagi kalimatnya. Ketar-ketir takut juga nih bule bakal bingung. Pokoknya udah takut serius. Pas abis ngejawab, si bulenya langsung "Okay, thank you" nyerahin tangannya buat salaman. Aku cengo. Menatap tangan tuh bule. SEGINI AJA NIH?T___T bukan apa-apa, aku udah suudzon si bule ga mau wawancara lagi karna inggris aku ancur jadi dia udah ga sanggup denger lagi ((maapin gina ya Allah)). Yaudah aku jabat tangannya dan keluar dengan lesu. Masih dengan lesu mode: on aku pergi ke tempat di mana thifal wawancara, pas diwawancara aku makin pesimis aja soalnya yang di ruangan thifal pada lama amat diwawancara pake acara ketawa-ketawa lagi. Asik banget ga tuh.

Nah abis itu batch II mau dimulai kan, Ishmah sama Zaky udah dateng. Terus aku sama thifal nemuin ishmah dan dduduk bentar deh. Ga lama kemudian yang batch II udah mulai masuk ruangan, aku sama thifal pulang ((padahal duduk di a&w berjam-jam ngilangin stress curhat2 geje)).

DID YOU KNOW GUYS aku stress bgt nungguin pengumumannya, soalnya emang pesimissss bgt ya Allah cuma bisa berdoa aja pokoknya udah gelisah gundah gulana. Apalagi satu hari sebelum pengumuman, pengen jedutin kepala. Pas hari pengumuman paginya, aku guling-guling aja di tempat tidur, gabisa diganggu, sensian. Lebih sensi dari biasanya. Lagi kayak senggol-dikit-bacok mode: on. Sampe mikir kayaknya aku aja kaliya yang berlebihan kayak gini..........Udah gitu rusak lagi websitenya, semua peserta ga lulus gitu deh. Kan makin penasaran tuh.
Pasrah, udah ga mau buka dari websitenya lagi, aku reload2 aja tuh blognya binabudaceh eh gataunya udah ada pengumumannya!!! Aku scroll ke bawah.....dan ada nama aku.....Alhamdulillah ya Allah rasanya pengen nangis huhuhuhu maaf ya emang berlebihan gini huhuhu
Muka aku udah cerah kembali, udah yang kayak dipanggil-senyum-terus mode: on. Rasanya bersyukur bgt bisa lewat tahap II. Tapi perjalanan masih panjang :))))

June 8th, 2014 - Tahap III


Dan tibalah tahap ketiga, tinggal aku sama zaky. Padahal bakal asik bgt kalo kita berempat lewat ;;

Tapi tahap tiga ini emang yang paling seruuuuuuuuu. Gimana gak ya, bagi aku ketemu orang-orang baru itu such a great thing!

Nah, di tahap ketiga ini ada Dinamika kelompok sama Group performance (talent show). Jadi emang selalu dinamika kelompok, kalau yang satunya lagi kayaknya beda-beda ya? Tahun lalu di chapter aceh ga ada talent show, tapi International Fun Booth. Mungkin tahun depan beda lagi? Kalau yp 15-16 ini pertama kali dibagiin kelompok buat talent show, aku di kelompok tiga sama Nurul, Sisil, Tahya, Wanda sama Fikri. Tapi yang duluan dites tetep dinamika kelompok. Dibagiin kelompok talent show ini buat persiapan aja.
Yaudah abis dibagi kelompok pastinya kenalan sama temen-temen sekelompok, nah yang namanya Tahya kebetulan namanya dipanggil buat Dinamika Kelompok  yang pertama jadi pas masih ngerundingin mau nampilin apa dia belum ada dan belum tau yang mana orangnya.
Pas dia keluar, yang dipanggil malah aku buat dinamika kelompok ahahahah kembali ngerundingin dengan berkurangnya satu orang.

Kayaknya dulu, kelompok buat Dinamika Kelompok dibagiin dari awal kan ya? Jadi ada waktu buat kenalan...kalau ini ngga, jadi kita dipanggil random gitu ga dibagiin dari awal.

Di dinamika kelompok, kita dibacain instruksinya sama salah satu juri, terus dikasih amplop kuning isinya kertas berisi kasus dan spidol, origami, gunting, lem. Jadi disuruh buat poster gitu berdasarkan kasusnya, aku kena kasus narkoba.
cr:binabudach via twitter

Karena pembagian kelompoknya pas mau masuk ke ruangan, jadi aku belum kenal .-. ((agak nyesel ga kenalan dulu)) cuma tau sama Riska (cewe yang lagi megang poster) sama Zaky (another zaky, bukan zaky temen sekolah, yang pake baju item).
Kita dikasih waktu 25 menit buat nyelesain semuanya. Dari diskusi sampe bikin posternya. Abis bikin poster kita ditanya-tanya tuh. Terus aku sama riska dituduh ngeklaim ide Arif  (yang lagi presentasiin) (baru tau namanya abis seleksi) HAHAHA padahal aku ga bilang itu ide aku kok :( aku bilang aku nambahin apa gitu biar ga suram. Pengen bilang juga biar gambarnya ga mati heu/ Abis presentasi kita keluar dan balik ke kelompok talent show.

Di grup ini, pertama kita niatnya nampilin drama ga jelas gitu deh tapi ga jadi takut garing ya akhirnya kita nyanyi aja. Untung Tahya bawa gitar.


cr: binabudach via twitter

Abis itu malah nyesel ga bawain drama karena yang lain pada keren-keren lucu lucu dan kelompok aku yang paling biasa. Hore.

Tapi seneng bgt kok bisa ketemu sama mereka-mereka :'3 I'm gonna miss this huhu nyesel ga kenalan sama semua. Kapan ya kan bakal kayak gini lagi.
Aku juga nyesel ga kenal lebih dekat sama another Gina (Virgina) supaya kita bisa jadi duo Gina HAHAHA ((Note: Kalo Virgina baca harap hubungi aku ya!)) wkwk.

Dan tahap ketiga pun selesai. Kita foto-foto duluuuu ahahahaha



Dari sekitar 35 keatas ada 18 orang yang jadi finalis chapter dan Alhamdulillah tahap ketiga lewat, aku jadi finalis chapter ;vvv; Alhamdulillah ya Allah. Tapi perjalanan masih panjang :> Semoga di nasional lewat yah :"3 kalau ini rejeki aku ya rejeki ga bakal kemana lah  yaaa :) Allah Maha Mengetahui mana yang terbaik.

Semoga lewat ya Allah aamiinnn. Keep fighting and praying! Hardwork does not betray!

Maaf kalo ngerasa lebih banyak personalnya daripada gimana tesnya :3

No comments:

Post a Comment